Beranjak dari ruang benderang, lalui waktu tanpa batas, meski bersekat...
Merobohkan tanpa menjatuhkan...
Memuliakan tanpa memuji...

07 July 2009

Kesejahteraan Nisbi

Biologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan. Biologi hadir menjawab beberapa persoalan mengenai keberagaman, komplektifitas dan kemanusian yang berada pada ruang alam semesta. Dinamisasi yang dimunculkan dalam perkembangan biologi seringkali menempatkan ruang riset molekuler sebagai bagian yang sering di sebut pengetahuan modern.

Molekuler menjawab semua titik paling terkecil dalam struktur makhluk hidup. Menempatkan ruang pikiran dalam laboratorium, sebagai ruang perkembangan dan tantangan bagi manusia. Kesejahteraan adalah bagian perwujudan dari penemuan-penemuan yang dihasilkan. Pertanyannya!! Kesejahteraan bagi siapa?

Kekayaan bangsa kita adalah keberagaman akan sumber daya alam, tingkat sosial yang tinggi dan teritori yang menarik para peneliti dunia untuk datang ke Indonesia. Akan tetapi, pemanfaatan akan keberagaman kini mulai terkikis oleh segerombolan privatisasi, penyeragaman alam, dan molekuler karya bangsa asing (karena kita masih sangat terbatas tentang alat, teknologi dan pengetahuan).

Kini penjajahan bukan lagi dengan perang atau senjata. Miskin informasi dan tekanan terhadap eksploitasi alam adalah syarat hancurnya alam kita.

No comments:

Post a Comment